judul ini kami pilih karena, selama berkarir dalam bidang wewangian. banyak hal-hal yang, baik oleh penjual atau pembeli temui dan rasakan, saat berhubungan dengan parfum.
bagi penjual mungkin sering menemukan pertanyaan dari customer nya. kira-kira seperti ini. "parfum yang di pakai si dia kok enak banget ya"? kemudian.. "kira-kira tau gak namanya"? sambung dia bertanya lagi. dan otomatis kita sebagai penjual jadi bingung, eeh masak iya kita mau apalin parfum orang satu persatu.
dari hal tersebut muncul lah persepsi dari penjual. kenapa ya mereka kok menginginkan parfum nya ingin sama karakter aroma nya dengan yang kawan, saudara, kakak, adik bahkan yang dia cium di jalan saat berpapasan dengan seseorang. bahkan lebih ajaib lagi, parfum yang di pakai cewek karena berpapasan sebelumnya dan kebetulan cantik juga. ingin dia aplikasi kan untuk diri nya. padahal sejatinya dia adalah pria.
mendapati hal seperti ini sungguh dan tentu membingungkan, apalagi sebelumnya kita udah keluarin tuh koleksi aroma-aroma yang kita miliki kebetuan gender nya untuk pria semua. naah Lo..
mungkin sedikit penjelasan akan kita berikan, dan customernya manggut2 aja. akan tetapi bisa jadi customer tadi pulang masih dengan perasaan kurang puas dan penasaran. lain lagi dengan customer yang frontal, dia gak mau tau. mau nya dia yang mirip dengan apa yang sebelum nya di tanyakan. well akhernya kita buka file customer kita, hehehehe.. itu kalau sesama customer, naah kalau yang tadi ditanya pas waktu papasan ama seseorang baunya enaakk.. itu gmana coba?? hehehehe..
saya mencoba menggali-gali pertanyaan dari beberapa senior untuk hal ini.. oleh sebab penasaran juga saya nya, kok bisa ada fenomena demikian.. dan walhasil mereka juga menemukan hal yang demikian., hehehe.. hingga pada saat nya saya menemukan jawaban yang pas untuk semua itu.
kira-kira kalau saya ungkapkan seperti ini. "parfum itu memang misterius, sejatinya dia tidak memiliki gender atau jenis kelamin. akan tetapi perfumer, sudah memberi batasan-batasan. bahwa jika karakter atau komposisi yang di tonjolkan lebih ke arah fruity atau floral itu lebih cocok kepada kaum hawa. dan aroma woody kuat serta citrus kuat itu cocok untuk kaum adam. dan di balik hal itu semua, parfum sengaja di cipta untuk menarik perhatian skitar terutama lawan jenis. dan sebagai identitas pemakai. testimoni yang muncul dari setiap aroma pastilah berbeda, bunga melambangkan kelembutan sedangkan buah melambangkan keceriaan. beda lagi dengan woody kuat melambangkan ketegasan dan citrus kuat dengan ke enerjikan. so, saling melihat satu sama lain, jika parfum pria di pakai wanita, akan menimbulkan kesan eeh kok garang amat ya,, dan sebalik nya pria pake parfum wanita akan terkesan kurang kejantanan nya, selebihnya parfum yang di aplikasikan sebelumnya dengan maksud untuk menarik perhatian. akhirnya kandas karena salah persepsi di awal. karena belum tentu parfum yang kau gunakan itu cocok dengan pembawaan mu, sudah tentu dia (wanita) yang memakai akan menambah menarik penampilan nya, namun jangan di balik sekarang kamu (pria) memakai hal yang sama, karena ujung-ujung nya entar kamu malah menarik perhatian sesama jenismu, karena bau tersebut yg melambangkan ke hawa-hawa an "
dan satu hal lagi dari ke UNIK an parfum. Mereka pembeli biasa nya menghabiskan waktu yang lama untuk menentukan pilihan aroma untuk dirinya, Saat berada di outlet-outlet parfum. Akan tetapi saat dia mencium bau parfum seseorang, dia malah langsung cocok dengan aromanya. Tanpa memilih dan tanpa perlu testimony dari penjualnya. Padahal secara di sadari atau tidak, penjual adalah orang yang lebih berpengalaman untuk hal ini. Dia biasa nya memilihkan aroma yang pas dengan sikap karakter dan gaya body pembeli nya. Ini juga sangat UNIK bagi saya. Di tambah lagi, mereka menyodorkan tester pada kita dan ingin membeli hal yang sama. Saat di Tanya, dapat dari mana parfum tersebut? Dia menjawab, dari teman/saudara kerabat dan lain-lain. Pada nyata nya parfum tersebut lebih cocok untuk lawan jenis nya. Sampai disini timbul ah pertanyaan. Ini yang salah yang ngasih atau yang menerima ya? Hehehe.. tidak ada yang salah dalam hal ini. Karena parfum itu sejatinya memang enak aroma nya, apapun untuk jenis gendernya. Dan mengapa mereka memilih terlalu lama, karena sejatinya dia bingung. Pilihan terlalu banyak. Ratusan botol berjejer di etalase. Maksud hati ingin mencoba satu persatu, akan tetapi tidak mungkin. Bukan aroma yang pas yang di dapat dan di harapkan malah menambah bingung saja. So intinya mengapa jika itu pemberian bisa terasa sangat enak. Karena keinginan untuk mencoba-coba aroma lain saat itu tidak ada. Dan membuatnya tidak bingung serta langsung aja dia nikmati dalam keseharian nya. Tidak percaya coba saja, hadirkan untuk teman anda sebuah parfum apapun itu. Pasti ntar komentar nya enak. Asal parfum yang bener ya.hehehe
Well mungkin ini sedikit dari kami. Maaf bila terlalu panjang. Ini semua ada pengalaman pribadi. Boleh saja pernah terjadi kepada anda semua. Pesan untuk para konsumen, cari lah parfum yang berbeda. Karena disitulah anda di kenal di sekitar anda.. sekian wasalam
salam sukses
ziji parfum malang.
Komentar
Posting Komentar